NAMA PERMAINAN
“FAST
DRIBBLING”
Alokasi waktu :
30 menit
Alat/bahan :
bola basket / bola besar
Arena lapangan :
30 m x 15 m
Pemain :
terdiri dari 2 group, masing-masing group terdiri dari 4 orang
Aturan
permainan :
·
Pemain 1 mendribling bola;
·
pemain 2 & 3 menunggu giliran
dan dilarang memegang bola sebelum pemain 1 menyelesaikan estafet driblingnya.
·
Setelah 3 pemain menyelesaikan
driblingnya secara baik.
·
Pemain akhir harus memegang bola
kemudian di tempatkan di garis lawan untuk menandai kemenangan.
Manfaat
permainan : melatih kecepatan tangan
dan kekuatan tubuh bagian belakang, khususnya
punggungnya
NAMA PERMAINAN
“ULAR NAGA”
Alat/bahan : 2 orang anak sebagai
pembuat gerbang
Beberapa anak membentuk sebuah ular
Alokasi
waktu : 20 menit (beberapa
kali putaran)
Aturan
permainan :
·
Permainan ini dilakukan secara
berkelompok;
·
1 kelompok minimal 5 orang;
·
Mintalah dua orang anak sebagai
pembuat gerbang (kiri-kanan);
·
Kedua tangannya di rentangkan ke
atas membentuk gerbang;
·
Anak yang lainnya membuat barisan ke
belakang kemudian melingkar membentuk
angka 8 melewati gerbang sambil bernyanyi;
·
Pada saat lagu berakhir, pembuat
gerbang menurunkan tangannya menutup seorang anak;
·
Anak tersebut dibisikan pilihan
rahasia oleh salah satu pembuat gerbang;
·
Setelah memilih 1 pilihan, mereka
ikut pada salah satu pembuat gerbang,
Note:
Ø
Gerbang siapa yang paling banyak pengikutnya,
dialah yang menang;
Ø
Yang kalah mendapatkan hukuman
sesuai kesepakatan.
Manfaat permainan :
membangun kerjasama antar kelompok
“Lagu untuk ULAR NAGA”
Ular naga panjang nya bukan kepalang
Menjalar-jalar selalu kian kemari
Umpan yang lezat itulah yang dicari
Ini dianya yang terbelakang
Bentuk permainan ULAR NAGA
NAMA PERMAINAN
“JAMURAN”
Alat/bahan : 1 orang anak sebagai
penggerak
10 anak sebagai pemain
Alokasi
waktu : 10 menit
Aturan
permainan :
·
10 anak tampak bergandengan tangan
membentuk lingkaran
·
1 orang anak berdiri di tengah
lingkaran tersebut
·
10 anak tersebut berjalan
mengelilingi 1 anak yang berdiri di tengah lingkaran
·
Anak yang berdiri tengah meneriakan
1 kata atau angka
·
Setelah kata/angka tersebut
disebutkan anak-anak yang semula bergandengan tangan kontan berhamburan
mengikuti perintah anak yang berdiri di tengah tersebut.
Manfaat permainan : untuk
melatih konsentrasi, kecepatan, dan kekompakan.
Note:
Ø Anak
yang tidak mendapatkan kelompok saat berhamburan, dia akan dikenakan hukuman
yang telah disepakati.
Ø Anak
yang dapat bertahan dalam lingkaran tersebut dialah pemenangnya, dan berhak
untuk menggantikan 1 orang anak yang berdiri di tengah.
Bentuk permainan JAMURAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar